Sepatu Safety Vs Gergaji

Bagi bebrapa rekanan yang bekerja di pabrik pemrosesan kayu atau tempat penebangan rimba, pasti telah memahami mengenai kemungkinan yang dihadapi. Satu diantara anggota badan yang paling riskan alami kecelakaan kerja yaitu KAKI. Untuk hindari kecelakaan kerja itu sebagian orang memilih sepatu safety boots untuk perlindungan di bagian kaki. Walau demikian kecelakaan tetaplah dapat berlangsung jika kita salah memilih TOE CAP (topi pengaman) pada safety shoes.

Image result for TEST : Sepatu Safety BOOTS VS Gergaji Mesin

Pada umumnya ada 2 jenis TOE CAP pada sepatu safety berdasar pada berbahan :

  • Steel Toe Cap yakni topi pengaman jari kaki yang terbuat dari BESI BAJA. Keunggulannya yaitu dapat menahan bentrokan bernda tumpul sampai 200 Joule, tahan cabikan benda tajam seperti mata gergaji dan lebih awet. Kekurangan Steel toe cap ini yaitu penambahan beban pada sepatu, karena memanglah berat jenis dari besi baja tersebut.
  • Composite Toe Cap yakni topi pengaman jari kaki yang terbuat dari BAHAN SINTETIS kombinasi karet, plastic dan bahan kimia lain. Kelebihannya yaitu keduanya sama dapat menahan bentrokan benda padat sampai 200 joule dan enteng saat digunakan dalam sepatu safety. Kekurangan composite toe cap ini yaitu tak dapat menahan cabikan benda tajam seperti gigi gergaji mesin.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s