Keselamatan Kerja Mesin

Image result for mesin mesin besar di pabrikYang disebut dengan keselamatan kerja di sini yaitu keselamatan yang terkait dengan perlengkapan pada tempat kerja pada lingkungan, dan beberapa cara lakukan pekerjaan. Maksud ada keselamatan kerja yaitu seperti berikut :
a. Melindungi tenaga kerja atas hak keselamatannya dalam melakukan pekerjaan.
b. Menanggung keselamatan tiap-tiap orang yang di tempat kerja.
c. Sumber produksi dipelihara dan dipakai dengan cara aman dan efisiensi.

Keselamatan dan kesehatan kerja difilosofikan sebagai satu pemikiran dan usaha untuk menanggung keutuhan dan kesempurnaan baik jasmani ataupun rohani tenaga kerja pada terutama dan manusia biasanya, hasil karya dan budayanya menuju orang-orang makmur dan sejahtera.

Sedang pengertian dengan cara keilmuan yaitu satu ilmu dan pengetahuan dan aplikasinya dalam usaha menghindar peluang terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Keselamatan dan kesehatan kerja (K3) tidak bisa dipisahkan dengan sistem produksi baik layanan ataupun industri. Perubahan pembangunan sesudah Indonesia merdeka menyebabkan konsekwensi tingkatkan intensitas kerja yang menyebabkan juga meningkatnya kemungkinan kecelakaan di lingkungan kerja.

Keselamatan Di Tempat Kerja di Bagian Mesin
Keselamatan ditempat kerja terutama dibagian mesin di pengaruhi oleh sebagian aspek yang sama-sama terkait, salah satunya yakni : aspek manusia, aspek lingkungan kerja, dan aspek mesin tersebut.

1. Aspek manusia/pribadi
Aspek manusia di sini mencakup, diantaranya kekuatan fisik, mental dan psikologi, pengetahuan, ketrampilan, dan kelalaian. Pekerja yang tengah alami masalah pada fisik, mental, dan psikologinya tak dibenarkan lakukan pekerjaan terlebih yang terkait dengan mesin karena pekerjaan di bagian mesin membutuhkan konsentrasi dan kewaspadaan yang tinggi hingga bisa lakukan prosedur kerja yang sesuai sama ketetapan supaya tak berlangsung kecelakaan yang mungkin bisa mengakibatkan kecacatan pada tenaga kerja. Diluar itu, aspek pengetahuan dan ketrampilan yang cukup juga dibutuhkan pekerja sebelumnya lakukan pekerjaannya terutama di bagian mesin hingga pekerja dapat menjalankan mesin dengan baik tanpa ada mengakibatkan bahaya pada dianya.

Terkecuali beberapa aspek di atas, sebelumnya masuk tempat kerja (dibagian mesin) juga terhadapat beberapa hal yang butuh dikerjakan oleh pekerja supaya meminimalkan kecelakaan kerja yakni dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD). Alat pelindung diri yang dibutuhkan dalam menggerakkan pekerjaan dibagian mesin diantaranya :
1. Safety Helmet, berperan sebagai pelindung kepala dari benda yang dapat tentang kepala dengan cara segera.
2. Sepatu Pelindung (Safety Shoes), berperan untuk menghindar kecelakaan fatal yang menerpa kaki karena tertimpa benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsb.
3. Sarung Tangan, berperan sebagai alat pelindung tangan ketika bekerja ditempat atau kondisi yang bisa menyebabkan cedera tangan.
4. Penutup Telinga (Ear Plug/Ear Muff), berperan sebagai pelindung telinga ketika bekerja ditempat yang bising.
5. Kacamata Pengaman (Safety Glasses), berperan sebagai pelindung mata saat bekerja (contoh mengelas).
6. Masker (Respirator), berperan sebagai penyaring hawa yang dihirup saat bekerja ditempat dengan kwalitas hawa yang jelek (contoh berdebu, beracun, berasap, dsb).
7. Pelindung Muka (Face Shield), berperan sebagai pelindung muka dari percikan benda asing saat bekerja (contoh pekerjaan menggerinda).
8. Alat pelidung badan (apron), berperan membuat perlindungan badan bagian depan yakni dari leher hingga kaki dari beragam peluang luka, seperti terserang radiasi panas, percikan bunga api dan percikan beram dan yang lain.
9. Pakaian kerja, Pakaian mesti bisa melindungi pekerja dari luka akibat beram, serpihan benda kerja, goresangoresan dan panas. Baju mesti betul-betul ter-ikat atau cocok dengan penggunanya. Dalam bekerja, pakaian terkancing dengan cara prima, hingga tak ada bagian-bagian anggota tubuh yang terbuka atau tak terproteksi.

2. Aspek lingkungan kerja
Lingkungan kerja adalah tempat di mana seorang atau keryawan dalam bekerja bekerja. Lingkungan kerja yang mensupport keselamatan dalam kesibukan bekerja di bagian mesin diantaranya : pencahayaan, Suhu, kebersihan tempat kerja, dan pemasangan sinyal tanda peringatan seperti poster.

a. Pencahayaan
Pencahayaan didefinisikan sebagai jumlah sinar yang jatuh pada permukaan. Satuannya yaitu lux (1 lm/m2), di mana lm yaitu lumens atau lux sinar. Satu diantara aspek penting dari lingkkungan kerja yang bisa memberi kenikmatan dan produktivitas yaitu ada penerangan yang baik. Penerangan yang baik yaitu penerangan yang sangat mungkin pekerja bisa lihat beberapa object yang ditangani dengan cara terang dan cepat.

Tenaga kerja selain mesti dengan terang bisa lihat beberapa object yang tengah ditangani harus juga bisa lihat dengan terang juga benda atau alat dan tempat di sekelilingnya yang mungkin menyebabkan kecelakaan. Maka penerangan umum mesti mencukupi. Dalam satu pabrik di mana ada banyak mesin dan sistem pekerjaan yang beresiko maka penerangan mesti di desain sedemikian rupa hingga bisa kurangi kecelakaan kerja. Pekerjaan yang beresiko mesti bisa dilihat dengan terang dan cepat, karena banyak kecelakaan berlangsung akibat penerangan kurang mencukupi.

Menurut Ketentuan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomer 1405/MENKES/SK/XI/2002 mengenai Kriteria Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri menyaratkan kalau standard pencahayaan ditempat kerja terutama di bagian mesin yaitu minimum 200 lux.

b. Suhu/temperatur
Manusia senantiasa berupaya menjaga kondisi normal badan dengan system badan yang begitu prima hingga bisa sesuaikan dengan pergantian yang berlangsung di luar badannya. Badan manusia beradaptasi karena kemampuannya untuk lakukan sistem konveksi, radiasi, dan penguapan juka berlangsung kekurangan atau keunggulan yang membebaninya. Namun, kekuatan untuk beradaptasi dengan temperatur luar jika perubahannya tak melebihi 20% untuk keadaan panas dan 35% untuk keadaan dingin pada temperatur normal ± 24 °C.

Temperatur hawa lebih rendah dari 37 C berati temparatur hawa ini di bawah kekuatan badan unutk menyesuaikasn didi (35% di bawah normal), maka badan manuasia akan alami kedinginan, karena hilangnya panas badan yang beberapa besar disebabkan oleh konveksi dan radiasi, juga beberapa kecil akibat penguapan. Demikian sebaliknya jika temperatur hawa sangat panas di banding temperatur badan, maka badan akan terima panas akibat konveksi dan radiasi yang jauh semakin besar dari kekuatan badan untuk mendinginkan badannya malalui system penguapan. Hal semacam ini mengakibatkan temperatur badan jadi turut naik dengan tingginya temperatur hawa. Temparatur yang sangat dingin akan menyebabkan gairah kerja alami penurunan. Sedang temperatur hawa yang terlalu panas, akan menyebabkan cepat munculnya kelelahan badan dan condong lakukan kekeliruan dalam bekerja.

Untuk tenaga kerja yang terkena lingkungan yang panas dan lembab maka kecepatan angin mesti di perhatikan supaya evaporasi bisa berjalan dengan baik. Kecepatan angin yang disarankan tenaga kerja yang terkena panas pada beragam suhu yaitu seperti berikut :

Tabel 1
Suhu dan Kecepatan Angin
Suhu (˚C) Kecepatan Angin (m/detik)
16 – 20 0,25
21 – 22 0,25 – 0,30
24 – 25 0,40 – 0,60
26 – 27 0,70 – 1,00
28 – 30 1,10 – 1,30

 
c. Kebersihan Tempat Kerja
Keadaan tempat kerja yang berdebu, licin, becek, berminyak, dan berbau menyengat juga dapat mempengaruhi konsentrasi pekerja sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan kerja. Oleh karena itu, sudah sepatutnya tempat kerja perlu dibersihkan dahulu sebelum melakukan pekerjaan.

d. Tanda-tanda Peringatan
• Tanda Larangan:
Tanda larangan adalah sebuah tanda yang biasa digunakan sebagai larangan untuk melakukan sesuatu pada tempat tertentu seperti:

Dilarang buang sampah sembarangan Dilarang masuk

Dilarang Merokok

• Tanda Perintah:
Tanda perintah adalah tanda yang digunakan untuk menyuruh seseorang menggunakan/melakukan sesuatu hal seperti

Gunakan safety shoes Gunakan safety glasses

Tingkatkan kewaspadaan

Gunakan PPPK Tanggap terhadap kecelakaan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s