Mari Mengenal Personal Protective Equipment/PPE !

Image result for Personal Protective EquipmentKeselamatan serta perlindungan kerja untuk karyawan tak tahu sisi produksi, lapangan, ataupun kantoran adalah hal yang waiib di perhatikan oleh tiap-tiap perusahaan di semua dunia. Hal semacam ini telah memperoleh perhatian pemerintah banyak negara sampai pada akhirnya mereka membakukan standard keselamatan itu dalam Ketentuan Pemerintah. Di Indonesia sendiri, keselamaan kerja karyawan telah dibakukan dalam sebagian ketentuan Ketentuan Pemerintah serta Undang-Undang. Sebagian Undang-Undang itu salah satunya yaitu :

  • UU No. 1/1970 (mengenai Keselamatan Kerja)
  • UU No. 23/1992 (mengenai Kesehatan Kerja), dan
  • PP No. 13/1973 (mengenai Penyusunan serta Pengawasan Keselamatan Kerja serta Pensiun)

Nah, membuat perlindungan beberapa pekerja, terlebih pekerja lapangan baik di sktor konstruksi bangunan, pertambangan, riset dsb, jadi ada kriteria spesial dengan cara global mengenai pemakaian Alat Keselamatan Pribadi atau Personal Protective Equipment/PPE yang harus ada serta dipakai. Menurut Code Of Federal Regulations (CFR) th. 1926, alat keselamatan pribadi itu from head to toe diantaranya yaitu seperti berikut.

1. HEAD PROTECTION
Beberapa pekerja yang bekerja ditempat yang punya potensi mencederai kepala mereka hazardous workplaces seperti tempat konstruksi, tambang, dan sebagainya – harus kenakan helm pelindung. Helm ini mesti dapat membuat perlindungan kepala mereka dari terserang hantaman benda keras serta berat serta tahan waktu terserang sengatan listrik serta api. Bedain sama helm motor ya guuuys
Di bawah ini tips warna-warni helm proyek,

FYI. Warna dari helm Proyek juga memberi arti posisi atau jabatan seorang didalam satu Proyek, diantaranya :

1. Helm safety berwarna putih umumnya dipakai oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
2. Helm safety berwarna biru umumnya dipakai oleh site supervisor, electrical contractor atau pengawas sesaat.
3. Helm safety berwarna kuning umumnya dipakai oleh sub contractor atau pekerja umum.
4. Helm safety berwarna hijau umumnya dipakai serta digunakan oleh pengawas lingkungan.
5. Helm safety berwarna pink umumnya juga dipakai oleh pekerja baru atau magang.
6. Helm safety berwarna orange umumnya juga digunakan oleh tamu perusahaan.
7. Helm safety berwarna merah umumnya dipakai oleh safety officer yang mempunyai tanggung jawab untuk mengecek system keselamatan telah terpasang serta berperan sesuai sama standard yang telah diputuskan.

2. EYE AND FACE PROTECTION
Tak tahu itu berbentuk safety glasses maupun goggles pelindung mata serta muka harus dipakai. Ditambah lagi waktu Andatengah menjalankan mesin yang punya potensi melemparkan suatu hal yang bisa melukai mata serta muka atau memiliki kandungan bahan radiasi beresiko. Anda yang kerjanya las-lasan (kudu pakai topeng las), kerja di lab serta bengkel harus pakai ginian.
3. RESPIRATORY PROTECTION
Bila kamu pade bekerja ditempat dengan keadaan hawa yang kurang baik (umpamanya Anda yaitu seseorang pemadam kebakaran, environmentalist yang mengambil sample di sungai yang berpolusi, atau Anda yaitu polisi yang perlu menembus gas air mata saat ada unjuk rasa) jadi Anda harus kenakan alat membuat perlindungan pernafasaan sejenis masker spesial, gas mask bahkan juga yang bertabung oksigen atau berpenawar toksin seperti di One Piece saat Luffy melawan Don Krieg yang menghempaskan bom asap toksin.

4. HEARING PROTECTION
Untuk tempat kerja dengan tingkat kebisingan tinggi diatas 90 dB (desi-Bells) yang bisa beresiko untuk telinga manusia, umpamanya tempat pengeboran, jadi beberapa pekerja harus kenakan pelindung telinga tak tahu itu earplug, headset spesial, dll. Lantaran lama-lama dengarkan kebisingan bisa mengakibatkan ketulian

5. WORKWEAR
Workwear yaitu baju yang digunakan untuk bekerja, terlebih pekerjaan yang melibatkan tenaga kerja manual untuk memberi ketahanan serta keamanan. Workwear ini ada yang berbentuk kaos, baju, overall, vest, celana cargo serta jeans. Umumnya berwarna hi-vis neon-neon macem kunng, oren, ijo stabilo atau warna umum tetapi diperlengkapi dengan pipping maupun webbing yang reflective ~ menyala apabila terserang sinar bahkan juga glow in the dark ~ menyala dalam gelap. Hingga apabila bekerja saat malam hari juga mereka tetaplah terlihat. Type serta bentuk workwear diisusaikan dengan bagian pekerjaan yang mereka lakoni. Untuk mekanik serta teknisi umumnya workwearnya anti oli. Serta buat yang kerja di bagian konstruksi sebagian diperlengkapi dengan protektor.

6. SAFETY GLOVES
Beberapa pekerja baik yang bekerja di ruang kerja yang terkait dengan listrik (teknisi, elektronis jenis petugas PLN, dan lain-lain) ataupun egawai konstruksi, mekanik cll harus memakai sarung tangan. Spesial buat mereka yang terkait dengan listrik, membutukan suatu hal yang kian lebih sarung tangan Mereka perlu juga sarung tangan karet, serta pelindung lengan karet, Selimut Insulasi Karet, Matras Insulasi Karet dsb. Ingat, resiko kesetrum ada setiap waktu Gan.

7. LIFELINE’S SAFETY BELTS
Manfaat hindari resiko terjatuh ditempat kerja (umumnya untuk pekerja tambang), beberapa pekerja konstruksi, penambang da pekerja lain yang terkait dengan ketinggian harus kenakan ikat pinggang pengaman sepeti tali, harness, serta semacamnya. Ikat pinggang pengaman itu tidak cuma mesti kuat menahan berat badan si pekerja saja, namun mesti dapat menahan beban minimum 500 kg. Wah mengagumkan kan.

8. FOOT PROTECTOR
Mari Mengetahui Safety Products! (Yang Kerja di Lapangan Harus Tahu!)
Lantaran kejatuhan benda berat itu kerap berlangsung bahkan juga untuk kita-kita yang bekerja kantoran, mereka beberapa pekerja lapangan harus memakai sepatu pengaman dalam menggerakkan tugasnya. Ada juga sepatu Safety terbaru yang dipakai mesti penuhi persyaratan perlindungan sesuai sama keadaan di lapangan kerja semasing. Ada safety shoes yang konsentrasi membuat perlindungan kaki sisi atas, jari dsb. Serta Anda kudu tahu, kemampuan safety shoes itu bukanlah diliat dari tebel tipisnya serta ringan-beratnya sepatu saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s