Perlengkapan K3 : Sepatu Safety (Safety Shoes)

Image result for Sepatu Safety (Safety Shoes)

Peralatan K3 : Sepatu Safety (Safety Shoes)

Peralatan Alat Pelindung Diri (APD) yaitu peralatan K3 yang harus dipakai saat bekerja sesuai sama bahaya dan resiko kerja untuk melindungi keselamatan pekerja tersebut dan orang di sekitarnya. Keharusan itu telah disetujui oleh pemerintah lewat Departement Tenaga Kerja Republik Indonesia. Perusahaan harus sediakan alat pelindung diri ini dalam menggerakkan pekerjaan dan melindungi keselamatan beberapa pekerja.

Maksud dari K3 yaitu :

  • Meyakinkan lingkungan kerja aman.
  • Menanggung kesehatan dan keselamatan karyawan.
  • Menanggung produktuifitas kerja.
  • Menuju keadaan 0 kecelakaan kerja (zero accident).

 

Bentuk dari alat-alat keselamatan kerja itu diantaranya yaitu :

Safety Helmet

Safety Helmet berperan sebagai pelindung kepala dari benda yang dapat tentang kepala dengan cara segera.

Sabuk Keselamatan (Safety Belt)

Berperan sebagai alat pengaman saat memakai alat transportasi maupun perlengkapan lain yang sama (mobil, pesawat, alat berat, dan sebagainya)

SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES)

Berperan sebagai alat pengaman saat bekerja ditempat yang becek maupun berlumpur. Umumnya di lapisi dengan metal membuat perlindungan kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, memiliki bentuk seperti sepatu umum, namun berbahan kulit dilapis metal dengan sol dari karet tebal dan kuat. Berperan untuk menghindar kecelakaan fatal yang menerpa kaki karena tertimpa benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia, dsbdsb.

SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) adalah bagian dari Personal Protective Equipment. Ketentuan mengenai Keamanan dan keselamatan yang diberlakukan pada industri-industri mengharuskan beberapa pekerjanya untuk memakai SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) sebagai satu diantara peralatan kerja untuk mendukung keselamatan beberapa pekerjanya.
SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) biasanya dipakai membuat perlindungan jari kaki dari timpaan barang berat yang jatuh, yang bisa berlangsung pada kecelakaan kerja, hingga jari kaki beberapa pekerja bisa telindungi dari akibat yang fatal.
Awal mulanya SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) di buat dengan dengan design yang serupa dengan sepatu boots, namun pada perubahannya SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) mengadaptasi beberapa jenis resmi dan casual yang umum digunakan bekerja di kantor/office ataupun jalan-jalan atau enjoy.

Tersebut adalah manfaat dan persyaratan dari SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) :

  1. Kurangi efek atau menghindari terlukanya jari-jari kaki dari hantaman, tusukan atau timpaan benda yang berat dan keras ketika berlangsung kecelakaan kerja. Oleh karenanya di bagian depan SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) di beri pelindung dari lempengan baja.
  2. Kurangi efek atau menghindari luka bakar pada kaki pekerja ketika terserang paparan api atau panas. Oleh karenanya SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) terbuat dari Kulit asli (Genuine Leather) yang tahan pada api pada derajat panas tertentu dan lama paparan yang telah penuhi standard.
  3. Menghindari terjadinya slip atau terpeleset karena licin ketika mencapai oli atau minyak yang ada pada lingkungan pekerjaan. Oleh Karenanya bagian Sol dari SEPATU SAFETY (SAFETY SHOES) terbuat dari komponen yang Oil Resistance dan tebal.

 

Sarung Tangan

Berperan sebagai alat pelindung tangan ketika bekerja ditempat atau kondisi yang bisa menyebabkan cedera tangan. Bahan dan bentuk sarung tangan di cocokkan dengan manfaat semasing pekerjaan.

Tali Pengaman (Safety Harness)

Berperan sebagai pengaman saat bekerja di ketinggian. Diharuskan memakai alat ini di ketinggian kian lebih 1, 8 mtr..

Penutup Telinga (Ear Plug/Ear Muff)

Berperan sebagai pelindung telinga ketika bekerja ditempat yang bising.

Kaca Mata Pengaman (Safety Glasses)

Berperan sebagai pelindung mata saat bekerja (umpamanya mengelas).

Masker (Respirator)

Berperan sebagai penyaring hawa yang dihirup saat bekerja ditempat dengan kwalitas hawa jelek (contoh berdebu, beracun, dll).

Pelindung muka (Face Shield)

Berperan sebagai pelindung muka dari percikan benda asing saat bekerja (contoh pekerjaan menggerinda)

Jas Hujan (Rain Coat)

Berperan melindungi dari percikan air saat bekerja (contoh bekerja pada saat hujan atau tengah membersihkan alat).

Semuanya jenis APD mesti dipakai seperti harusnya, pakai dasar yang betul-betul sesuai sama standard keselamatan kerja (K3L ‘Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan’)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s